Membuat Zimbra Mail Server di UBUNTU 8.04 SERVER (Part 1)

Pengenalan Zimbra Mail Server

Pengertian Mail Server

Mail server (juga dikenal sebagai sebuah mail transfer agent atau MTA, mail router atau mailer Internet) adalah sebuah aplikasi yang akan menerima email masuk dari pengguna lokal (orang-orang dalam satu domain) dan jarak jauh pengirim dan meneruskan e-mail keluar untuk pengiriman. Sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi tersebut juga disebut sebagai mail server. Microsoft Exchange, qmail, Exim dan sendmail adalah lebih umum di antara program-program server mail.

Mail server merupakan salah satu fungsi server yang paling banyak digunakan di perusahaan. Hal ini mengingat fungsi email sendiri yang bisa mengurangi biaya surat-menyurat, lebih efisien dibandingkan komunikasi manual dan dapat menyertakan attachment yang berguna sebagai pelengkap dan dokumen tambahan terkait dengan isi email.

Pengertian Zimbra

Zimbra adalah software open source untuk email server dan kolaborasi (groupware) yang menyediakan solusi email server yang powerful, penjadwalan, kalender group, kontak dan manajemen penyimpanan dokumen via web. Zimbra web tersedia untuk linux dan Mac OS X. Zimbra menggunakan klien ajax Web 2.0 yang dapat dijalankan pada browser, seperti Firefox, Internet explorer, Safari, dan lain lain. Zimbra pada dasarnya sekelas dengan Microsoft Exchange Server. Perbedaanya, Zimbra tersedia dalam dua edisi, yaitu Open Source Edition dan Network Edition.

Kelebihan dan Keuntungan menggunakan Mail Server Zimbra:

  • Berbasis Open Source (tidak perlu membayar biaya Lisensi Software)
  • Jumlah User/Mailbox tidak terbatas
  • Berjalan di atas Operating System Linux
  • Mudah dalam pengaturan dan pemeliharaan dengan Web Administration
  • Terintegrasi dengan AntiVirus dan AntiSpam
  • Memiliki kemampuan Multi Domain
  • Memiliki pembatasan Quota MailBox per User
  • Dapat digabungkan dengan Fitur Spooling Mail

Hardware Compatibility List

HCL berisi informasi setiap hardware yang compatible dengan sistem operasi yang digunakan dan memang sudah seharusnya anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi hardware yang anda miliki agar instalasi Ubuntu 8.04 Server anda terbebas dari masalah.

Hardware yang tidak ada didalam HCL sangat memungkinkan untuk membuat anda tidak akan bisa melakukan instalasi Ubuntu 8.04 Server sampai hardware tersebut dicabut atau diganti. Artinya tidak semua hardware didukung oleh sistem operasi Linux Ubuntu ini. Pada saat ini, saya akan coba membahas tentang sistem operasi Ubuntu 8.04 Server , requirement untuk mendukung Sistem Operasi Ubuntu 8.04 Server ini adalah sebagai berikut.

  • Minimum Pentium IV 1.6 Ghz atau lebih tinggi
  • Harddisk minimum 20 GB dengan 15 GB free space
  • Memori (RAM) minimum 256 MB ( disarankan 512 MB atau lebih)
  • CD-ROM 12x
  • Display VGA 64 Mb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: